Media Pembelajaran



SILABUS
MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI



Nama Mata Kuliah                                       :Media Pembelajaran Ekonomi
Semester                                                         :Januari-Juni 2014

Program Studi                                               : Pendidikan Ekonomi

Fakultas                                                         : Ekonomi
Dosen Pembina Matakuliah                         : 1. DR. Hj. Susi Evanita, MS
                                                                          2. Rino, S.Pd, M.PD, M.M
                                                                          3. Friyatmi, S.Pd, M.PD



Learning Outcomes Mata KuliahTerkaitKKNI :
1.      Mahasiswa memahami pentingnya media pembelajaran dalam proses pembelajaran ekonomi
2.      Mahasiswa memahami konsep, prinsip dan klasifikasi media pembelajaran
3.      Mahasiswa merancang, menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran ekonomi yang sesuai dengan kebutuhan
4.      Mahasiswa mengevaluasi media pembelajaran ekonomi


Soft skill/Karakter : Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Komunikatif,  Tanggung Jawab



Matriks Pembelajaran:
Ming
LO
Pengalaman Belajar
Materi/Pokok Bahasan
Metode/Strat. Pembelajaran
Kriteria/Teknik Penilaian
Daftar Pustaka
1
2
3
4
5
6
7
Orientasi Perkuliahan
1
Mampu memahami  dan menjelaskan media dan pembelajaran
Memahami dan menjelaskan
-      Konsep Media pembelajaran, sumber belajar dan alat peraga pembelajaran
-      Media pembelajaran sebagai komponen sistem pembelajaran
-      Fungsi/manfaat/kegunaan media pembelajaran
-      Media pembelajaran dan teknologi
-      Eskpositori
-      diskusi
-      kepahaman dan kejelasan konsep media pembelajaran
-   Smalidino, dkk (7-9)
-   Heinich (7-18)
-   Asyhar(4-11)
2
Mampu mengklasifikasikan dan mengidentifikasi media pembelajaran
Mengklasifikasikan dan mengidentifikasi
-      Klasifikasi media pembelajaran menurut ahli, ciri fisik, unsur pokok, pengalaman belajar dan penggunaan
-      Jenis media pembelajaran
-      Karaktersitik media pembelajaran
-      Diskusi
-      penugasan
-      pengklasofikasian dan pengideintifikasian secara benar
-   Asyhar (44-76)

3
Mampu memilih media pembelajaran yang tepat
Memilih
-      Pentingnya memilih media pembelajaran
-      Kriteria pemilihan media pembelajaran
-      Prinsip pemilihan media
-      Prosedur pemilihan media
-      Diskusi
-      penugasan
-      memilih media secara tepat
-   Asyhar (78-90)

4-5


Mampu merancang, mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran
Merancang, mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran
Merancang Media
-      Merancang media pembelajaran dengan pendekatan assure models
-      Merancang media pebelajaran dengan anderson model
-      Diskusi
-      penugasan
-      kemampuan merancang ide media
-   Smalidino, dkk (109-139)
-   Heinich (32-55)

Mengembangkan Media
-      Mengembangkan media pembelajaran audio
-      Mengembangkan media pembelajaran visual
-      Mengembangkan media pembelajaran grafis
-      Diskusi
-      penugasan
-      Kemampuan pengembangan ide media
-   Asyhar (92-111)

Mengevaluasi Media
-      Pentingnya evaluasi media
-      Komponan evaluasi Media
-      Diskusi
-      penugasan
-      Membuat format evaluasi media

6
Mampu mengkomunikasikan media dalam proses belajar mengajar secara efe3ktif dan efisien
Mengkomunikasikan
-      Proses belajar mengajar sebagai proses komunikasi
-      Bentuk-bentuk komunikasi
-      Tujuan dan prinsip komunikasi
-      Faktor pendukung dan penghambat komunikasi
-      Menciptakan komunikasi  pembelajaran yang efektif
-      Simulasi
-      Kemampuan berkomunikasi
-      Sadiman,(1-16)

7-8

Memahami perkembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi
Memahami
-      Belajar jarak jauh (Distance learning) dengan perangkat e-learning
-      Multimedia dalam pembelajaran
-      Bahan pembelajaran interaktif
-      Bahan ajar berbasis WEB
-       (Internet)

-      Diskusi dan penugasan
-      laporan
-      Budi Raharjo, http://budi.insan.co.id
-      Wardiana, http://www.cdiponline.org/
-      Kosasih, (1-9)
-      Rusman (77-92), (263-292)
-      Darmawan (121-136)
-      Software bahan ajar
-      Audiotape dan videotape
-      Computer Based Training (CBT)
-      Web Based Training (WBT)
-      International Network
-      Diskusi dan penugasan
-      laporan
-      Rusman (77-92), (263-292)
-      Darmawan (121-136)

UJIAN TENGAH SEMESTER
9
Menyajian media rancangan sendiri
-      Merancang
-      Mengembangkan
-      mengevaluasi
-      E-learning dengan Web/blog
-      Praktik

-      Media
-      RPP
-      Evaluasi

10
Menyajian media rancangan sendiri
-      Merancang
-      Mengembangkan
-      mengevaluasi
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
11
Menyajian media rancangan sendiri
-      Merancang
-      Mengembangkan
-      mengevaluasi
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
12
Menyajian media rancangan sendiri
-      Merancang
-      Mengembangkan
-      mengevaluasi
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
13
Menyajian media rancangan sendiri
-      Merancang
-      Mengembangkan
-      mengevaluasi
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
14
Menyajian media rancangan sendiri
-      Merancang
-      Mengembangkan
-      mengevaluasi
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
15
Menyajian media rancangan sendiri
-      Merancang
-      Mengembangkan
-      mengevaluasi
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
16
Menyajian media rancangan sendiri
-      Merancang
-      Mengembangkan
-      mengevaluasi
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
E-learning dengan Web/blog
UJIAN AKHIR SEMESTER



Metode Perkuliahan
Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan ragam pendekatan dan metode yang disesuaikan dengan tujuan setiap pertemuan, diantaranya dengan:
  1. Ekspositori
  2. Diskusi
  3. Penugasan
  4. Praktik langsung
Tagihan
Tagihan untuk mata kuliah ini meliputi:
  1. Tagihan perminggu terdiri atas membaca dan resume materi
  2. Tagihan pasca mid semester adalah media e-learning dan evaluasi media*
  3. Revius jurnal

Komponen Penilaian

  1. Ujian Tengah Semester           30%
  2. Ujian Akhir Semester              30%
  3. Tugas                                       30%
  4. Partisipasi/keaktifan                10%

Buku Sumber

1.      Arsyad, azhar (1997). Media Pengajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta
2.      Asyhar, Rayandra (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi. Jakarta
3.      Darmawan, Deni (2011). Teknologi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Jakarta
4.      Gerlach, ely. (1980). Teaching and Media a Systemic Approuch. Hall. IncEnglewdood Clift News Jersey. USA
5.      Hamalik, oemar. (1980). Media Pendidikan. Alumni. Bandung
6.      Robert, heinich. (1982). Instructional Media. USA
7.      Rohani, ahmad.(1997).Media Instruksional Edukatif. Rineka Cipta. Jakarta
8.      Rusman, Kurniawan, Riyana (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan profesionalisme Guru. Rajawali Press. Jakarta
9.      Sudjana, rivai (1997) Teknologi Pengajaran. Sinar baru. Bandung
10.  Sadiman, arief. (1990). Media Pendidikan . Rajawali. Jakarta
11.  Smaldino, Lowther, Russell (2008). Teknologi Pembelajaran dan Media Pembelajaran (edisi terjemahan).Kencana Prenada Media Group. Jakarta
12.  Sumber-sumber lain yang relevan





SALAH SATU MATERI



Pengertian, Tujuan, Manfaat, Dan Fungsi Media Pembelajaran

Posted on Sabtu, 22 September 2012

Pendahuluan
            Pembelajaran disekolah pada saat ini mulai disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi, sehingga terjadi  perubahan dan pergeseran paradigma pendidikan. Perkembangan pesat dibidang teknologi informasi khususnya internet, mempercepat aliran ilmu pengetahuan yang menembus batas-batas dimensi ruang, birokrasi, kemapanan, dan waktu. Program-program di internet bukan hanya menampilkan data dan informasi yang dapat ditransmisikan dengan kecepatan tinggi, tetapi juga ilmu pengetahuan yang dapat diakses secara cepat oleh penggunanya. Dan tentu saja kondisi ini berpengaruh pada kebiasaan dan budaya pendidikan yang dikelola selama ini.
            Kemajuan dan perkembangan teknologi sudah demikian menonjol, sehingga penggunaan alat-alat bantu mengajar seperti alat-alat audio,visual serta perlengkapan sekolah disesuaikan dengan perkembangan jaman tersebut. Dan juga harus disesuaikan dnegan tuntutan kurikulum sesuai dengan materi, metode, dan tingkat kemampuan belajar siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik disekolah.
            Untuk itu, para pengajar mulai berusaha membiasakan diri untuk menggunakan peralatan-peralatan seperti OHP, LCD, CD, VCD, video, computer dan internet dalam pembelajaran dikelas. dengan program pembelajarna yang dikembangkan ini patut dipelajari pengajar harus mempelajarinya agar mempermudah proses pembelajaran dan pendidkikan, sehingga memudahkan pembelajaran untuk berjalan dengan baik dikelas.
           
Pengertian Media Pembelajaran
            Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Media pembelajaran adalahsebuah alat yang berfungsi dan digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar. Banyak batasan atau pengertian yan dikemukakan para ahli tentang media, diantaranya adalah: Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Asosociation of Education and Communication Technology (AECT).
            Dari pengertian diatas, secara umum dapat dikatakan bahwa substansi dari media pembelajaran adalah bentuk saluran, yang digunakan untuk menyalurkan pesan, informasi atau bahan pelajaran kepada penerima pesan atau pembelajar dapat pula dikatakan  bahwa media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan dalam lingkungan pembelajar yang dapat merangsang pembelajar untuk belajar

Tujuan dan Manfaat Media Pembelajaran
            1. Tujuan Media  Pembelajaran
Tujuan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran, adalah sebagai berikut :
a. mempermudah proses pembelajaran di kelas
b. meningkatkan efisiensi proses pembelajaran
c. menjaga relevansi antara materi pelajaran dengan tujuan belajar
d. membantu konsentrasi pembelajar dalam proses pembelajaran
            2. Manfaat Media Pembelajaran
Manfaat media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut :
a. pengajaran lebih menarik perhatian pembelajar sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
b. bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya, sehingga dapat lebih di pahami pembelajar, serta memungkinkan pembelajar menguasai tujuan pengajaran dengan baik
c. metode pembelajaran bervariasi, tidak semata-semata hanya komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata lisan pengajar, pembelajar tidak bosan, dan pengajar tidak kehabisan tenaga.
d. pembelajar lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan penjelasa dari pengajar saja, tetapi juga aktivitas lain yang dilakukan seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lainya.

1. Manfaat Media pembelajaran bagi pengajar, yaitu:
            a. memberikan pedoman, arah untuk mencapai tujuan
            b. menjelaskan struktur dan urutan pengajarn dengan baik
            c. memberikan kerangka sistematis secara baik.
            d. memudahkan kembali pengajar terhadap materi pembelajaran
            e. membantu kecermatan, ketelitian dalam penyajian dalam pembelajaran.
            f. membangkitkan rasa percaya diri seorang pengajar.
            g. meningkatkan kualitas pembelajaran
2. Manfaat media  pembelajaran bagi pembelajar, yaitu:
            a. meningkatkan motivasi belajar pembelajar
            b. memberikan dan meningkatkan variasi belajar pembelajar
            c. memberikan struktur materi pelajaran
            d. memberikan inti informasi pelajaran
            e. merangsang pembelajar untuk berpikir dan beranalisis.
            f. menciptakan kondisi dan situasi belajar tanpa tekanan.
            g. pelajar dapat memahami materi pelajaran dengan sistematis yang disajikan pengajar . 

Pertimbangan Pemilihan Media
            Pertimbangan media yang akan digunakan dalam pembelajaran menjadi pertimbangan utama, karena media yang dipilih harus sesuai dengan:
            1. tujuan pengajaran
            2. bahan pelajaran
            3. metode mengajar
            4. alat yang dibutuhkan
            5. pribadi mengajar
            6. minat dan kemampuan mengajar
            7. situasi pengajaran yang sedang berlangsung
            Keterkaiatan antara  media pembelajaran dengan tujuan, materi, metode, dan kondisi pembelajar, harus menjadi perhatian dan pertimbangan pengajar untuk memilih dan menggunakan media dalam proses pembelajaran dikelas, sehingga media yang digunakan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sebab media pembelajaran tidak dapat berdiri sendiri, tetapi terkait dan memiliki hubungan secara timbalebalik dengan  empat aspek tersebut. Dengan demikian, alat-alat, sarana, atau media pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan dengan empat aspek tersebut, untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.


Fungsi Media Pembelajaran
Media Pembelajaran berfungsi untuk merangsang pembelajaran dengan:
            1.menghadirkan obyek sebenarnya dan obyek yang langkah
            2.membuat duplikasi dari obyek yang sebenarnya
            3.membuat konsep abstrak ke konsep konkret
            4.memberi kesamaan persepsi
            5.mengatasi hambatran waktu, tempat, jumlah, dan jarak
            6.menyajikan ulang informasi secara konsisten
            7.memberi suasana yang belajar yang tidak tertekan, santai, dan menarik.

Selain fungsi diatas. Livie dan Lentz(1982) mengemukakan 4 fungsi media pembelajaran yaitu:
            1. fungsi atensi berarti media visual merupakan inti, menarik dan mengrahkan perhatian pembelajar akan berkosentrasi pada isis pelajaran
            2. fungsi afekti maksudnya media visual dapat dilihat dari tingkat kenikmaran pembelajar ketika belajar membaca teks bergambar.
            3. fungsi kognitif yaitu mengungkapkan bahwa lambang visual mempelancar pencapaian tujuan dalam memahami dan mendengar informasi
            4.fungsi kompensatoris yaitu media visual memberikan konteks untuk memahami teks dan membantu pembelajr yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.

dari empat fungsi visual, dapat dikatakan bahwa belajar dari pesan visual memerlukan keterampilan tersendiri. tehnik afektif adalah tehnik untuk memahami tehnik pesan visual. yang terbagi dari beberapa fase seperti dibawah ini:
            1. fase diffrensiasi. yaitu dimana pembelajar mula-mula mengamati, mengidentifikasi dan menganalisis
            2. fase integrasi yaitu di mana mempelajar menempatkan unsure-unsur visual secara serempak, menghubungkan pesan-pesan visual kepada pengalaman pengalamannya.
            3. kesimpulan, yaitu dari pengalaman visualisai untuk kemudian menciptakan konseptualisasi baru dari apa yang mereka pelajari sebelumnya.

Hasil penelitian Edmund Faison, dkk dalam Nana Sudjana dan Ahmad Rivai tentng pennggunaan gambar visual dalam pembelajaran disimpulkan:
1. terdapat beberapa hasil penelitian bahwa untuk memperoleh hasil belajar bagi pembelajar secara maksimal yaitu:
            1.gambar-gambar yang digunakan harus jelas
            2.gambar harus familiar dgn pembelajar
            3.gambar yang digunakan ukurannya cukup besar
2. terdapat bukti, gambar-gambar berwarna lebih menarik minat pembelajar.
3. hasil penelitian Mabel Rudisill. gambar-ganbar yang disukai anak-anak adalah gambar-gambar berwarna yang menumbuhkan impresi atau kesan realistik.



Tidak ada komentar: